Iklan

Mengaktifkan Enkripsi Smartphone Android Biar Sulit Dibobol Hacker

Mengaktifkan Enkripsi Smartphone Android Biar Sulit Dibobol Hacker
Mengaktifkan Enkripsi Smartphone Android Biar Sulit Dibobol Hacker

Mengingat pentingnya smartphone bagi kita, tentunya kamu harus mengetahui cara mengamankan data-data penting pada smartphone agar terhindar dari serangan hacker. Atau jika smartphone hilang dan jatuh di tangan orang yang salah, setidaknya informasi milik kamu yang tersimpan di Android tidak disalahgunakan. Karena kamu sudah melakukan cara enkripsi smartphone Android kamu.

Maka dari itu, berikut 5 langkah mudah untuk mengaktifkan enkripsi pada smartphone Android kamu. Jangan tunda lagi!

1. Back Up Smartphone Kamu


Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah selalu back up isi smartphone kamu secara rutin. Dengan begitu jika ada yang tidak beres selama proses enkripsi, informasi kamu tetap aman.

Ada beberapa cara untuk melakukan back up data pada smartphone kamu, baik itu menggunakan fitur Google Sync atau aplikasi pihak ketiga seperti Helium.

2. Pastikan Baterai Penuh


Selanjutnya pastikan baterai smartphone kamu penuh atau setidaknya terisi 80%. Pasalnya, ketika proses enkripsi berlangsung perangkat kamu tidak akan bekerja.

Ada pula yang mengharuskan smartphone terhubung dengan pengisian daya untuk melakukan proses enkripsi Android.

3. Aktifkan Kunci Layar


Proses enkripsi tidak akan bekerja, kecuali kamu telah menterapkan kunci layar yakni PIN, password, ataupun pola. Kamu bisa menemukannya di Settings > Security > Lock Screen.

Idealnya kamu harus menggunakan password yang panjang minimal 12 karakter dengan campuran huruf, simbol, dan angka agar tidak mudah dijebol. Tapi, pastinya itu cukup merepotkan kalau ketika membuka smartphone. Mungkin kamu bisa menggunakan alternatif PIN atau pola tapi yang kompleks.

Mau tahu tips selengkapnya? Klik disini gan.

Jangan lupa untuk beli template ini dengan harga Rp 100,000 saja lewat idblanter.com
Share This :