Iklan

3 Sistem Operasi Ini Paling Rentan Terkena Serangan Hacker

3 Sistem Operasi Ini Paling Rentan Terkena Serangan Hacker
3 Sistem Operasi Ini Paling Rentan Terkena Serangan Hacker

Android mungkin merajai mobile operating system. Dengan banyaknya vendor smartphone yang mengusung platform berlogo robot hijau tersebut, tak ayal Android mendominasi pasar smartphone di penjuru negeri. Tapi tahukah kamu kalau Android juga dikenal sebagai sistem operasi paling rentan?

1. Android



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Android memiliki celah keamanan yang cukup banyak. Menurut laporan yang dirilis pada tahun 2016, setidaknya ada 523 celah keamanan pada sistem operasi besutan Google ini. Celah keamanan tersebut terbilang sangat banyak dan tentu saja dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan tindakan yang merugikan pengguna Android.

2. Linux Ubuntu



Di antara beberapa distro Linux yang ada, Linux Ubuntu memang dikenal sebagai distro Linux paling populer dan paling banyak digunakan. Namun popularitas juga memiliki sisi buruk. Salah satunya terkait dengan banyaknya jumlah serangan yang menyerang sistem operasi tersebut.

Dengan celah keamanan Ubuntu yang mencapai 278 celah, hal ini tentunya berbahaya.

3. Mac OS X



Sistem operasi rentan hacker yang terakhir adalah Mac OS X. Meski dikembangkan secara tertutup dan hanya tersedia untuk perangkat komputer besutan Apple saja, ternyata hal tersebut tak membuat Mac OS X bebas dari bug.

Menurut data yang berhasil dirangkum oleh CVE Details, ada sebanyak 215 celah keamanan pada sistem operasi besutan Apple tersebut. Akan tetapi jika dibandingkan dengan tahun 2015, peringkat kerentanan Mac OS X terbilang sedikit menurun.

Selengkapnya Agan bisa baca disini
Share This :