Iklan

Alasan Ukuran Prosesor Makin Kecil, Makin Canggih

Alasan Ukuran Prosesor Makin Kecil, Makin Canggih
Alasan Ukuran Prosesor Makin Kecil, Makin Canggih

Dalam merakit sebuah PC, pemahaman spesifikasi sebuah sistem komputer sangatlah penting. Salah satunya adalah untuk spesifikasi dari sebuah prosesor. Seperti contoh jumlah core, kecepatan core, hingga ukuran dari prosesor tersebut.

Apabila kamu dari dahulu sudah sering merakit untuk sebuah sistem komputer, pasti kamu sadar kalau ukuran prosesor saat ini semakin mengecil. Pernahkah kamu ingin tahu mengapa alasan ukuran prosesor makin kecil, tapi makin kencang? Disimak ya!

Alasan Ukuran Prosesor Semakin Lama Semakin Kecil

Gambar: WCCFTech

Sebelum memberitahu alasannya, Jaka ingin memberi tahu kamu terlebih dahulu mengenai standar untuk pengukuran dari sebuah prosesor.

Ukuran dari sebuah prosesor pada umumnya mempergunakan satuan nm, yang berarti nano meter. Satuan ini sama seperti halnya cm ataupun km yang berarti untuk mengukur sebuah panjang. Panjang yang dimaksud pada prosesor, adalah panjang dari sebuah transistor.

Nah kembali kepada pokok utama pembahasan kita. Apa alasannya ya, kok ukuran prosesor semakin lama semakin mengecil?

Alasan yang pertama adalah berpengaruh terhadap kecepatan sinyal didalam prosesor. Semakin besar ukuran sebuah prosesor, maka sinyal yang menyebrang diantara transistor akan menjadi semakin lambat.

Atau umpamanya seperti ini. Sebuah kota yang besar, akan membuat kita semakin lama untuk mengitarinya. Tapi sebuah kota yang kecil, akan membuat kita semakin cepat untuk mengitarinya. Alasannya adalah karena jaraknya lebih pendek.

Baca Artikel Selengkapnya di : Jalan Tikus
Share This :